Buat InboundLink Bisa Meningkatkan Kualitas SEO Blog

Bookmark and Share
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips blog sederhana, trik ini sering dilupakan oleh blogger pemula, pada awal ngeblog dulu saya tidak pernah tahu tips ini hingga seorang teman memberitahukan saya. Setelah saya terapkan pada semua artikel dalam blog ini akhirnya page rank naik dan meningkatkan index page pada mesin pencari.

Menurut beberapa blogger senior cara kerja sistem mesin pencari itu dalam mengindex sebuah blog adalah dengan mengunjungi link demi link dalam sebuah blog/website. Setelah mesin pencari menemukan sebuah artikel dalam blog, lalu mesin pencari itu akan mengindex artikel tersebut, tugas selanjutnya robot mesin pencari tersebut akan mengunjungi setiap link yang terdapat pada artikel tersebut, baik itu yang ada dalam isi artikel maupun yang berada pada sidebar blog, footer blog dan bagian komentar blog.

Nah, ketika robot mesin pencari datang berkunjung ke-blog kita tentu saja ini menjadi peluang artikel kita akan ditemukan oleh para pengguna mesin pencari bersangkutan. Semakin banyak artikel blog yang diindex oleh mesin pencari maka akan semakin besar mungkinan blog kita dikunjungi oleh pembaca.

Ketika robot mesin pencari datang berkunjung melalui sebuah artikel dan pada artikel tersebut tidak terdapat link pada artikel lainnya pada blog, maka robot tersebut akan berhenti sampai disitu. Tetapi jika dalam artikel tersebut terdapat beberapa link ke-artikel lainnya pada blog kita/orang lain maka robot tersebut akan mengunjungi artikel yang dituju oleh link artikel tersebut. Jika setiap artikel pada blog kita memiliki link yang menuju ke-artikel lain pada blog kita maka secara otomatis robot akan terus mengunjungi artikel kita yang lainnya, sehingga semua artikel dalam blog akan diindek oleh robot mesin pencari tersebut. Sebagai contoh: artitek berikut ini merujuk kepada artikel lain pada blog ini, cara pasang google adsense for search pada blogspot.

Jadi, sudah jelas membuat link ke-artikel lain pada blog kita sendiri sangat bermanfaat sekali, selain kegunaan diatas ada juga yang mengatakan kalau cara ini juga berguna untuk meningkatkan page rank blog itu sendiri.

Kegunaan lainnya, ketika pembaca yang sedang membaca sebuah artikel pada blog kita maka pada saat menemukan link yang menuju ke artikel kita yang lain, tentu saja jika judul artikel tersebut menarik maka besar kemungkinan pembaca tersebut juga akan mengunjungi artikel tersebut. Tentu saja ini akan memberi dampak yang positif buat kemajuan blog kita yaitu menjadi backlink buat artikel yang diberikan link, ya itung-itung promosi artikel kita yang lainnya.

Okey, untuk tips trik blog kali ini saya kira itu saja dulu. Saya yakin jika diterapkan dengan benar pasti akan memberi dampak yang bagus.

Btw, buat teman blogger yang punya tips blog lainnya bisa berbagi pada bagian komentar. Buat teman blogger yang ingin memberi kritik juga dipersilahkan. Monggo.